Selasa, 24 Maret 2015

Apa itu Virus, Jenis Virus dan Cara Mengatasinya

Apa itu Virus, Jenis Virus dan Cara Mengatasinya

APA ITU VIRUS?

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu (wikipedia.org).

Nah dengan penjelasan diatas, saya harap sobat semua mengerti apa itu virus. Tentu kita semua tidak ingin komputer kita terkena serangan virus, apalagi sampai terkena virus yang ganas. Bukan tidak mungkin software saja yang rusak, namun hardware yang kena imbasnya. Biasanya virus cepat menular jika pengguna komputer tersebut tidak pandai merawat komputernya. Terlebih jika komputer terhubung ke jaringan. Jika kita tidak tanggap dalam mengatasinya, virus akan dengan mudah masuk dan menular. Virus juga cepat menular apabila sobat sering menghubungkan flasdisk ke komputer namun komputer sobat tidak memiliki antivirus yang handal. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan komputer kita. Ibarat kita seperti orang tua dan komputer adalah anak kita. Mereka butuh perawatan agar terhindar dari program jahat yang sangat merugikan. Bila komputer kita tertular virus yang ganas, kita sendiri kan yang akan rugi? 

JENIS-JENIS VIRUS

Jenis virus komputer cukup banyak, terlebih melihat kemajuan teknologi saat ini. Biasanya, jenis virus dikategorikan menurut cara kerjanya dan dikelompokkan dalam kategori sebagai berikut.
  • Worm : Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan : Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor : Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware : Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue : merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit : Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus : Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus : Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel : Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler. (wikipedia.org)
CARA MENGATASINYA

Sebagian orang berpendapat, cara mengatasi komputer dari serangan virus sangat mudah, yaitu hanya menginstall program Antivirus. "Tapi apakah hanya dengan menginstall program Antivirus, komputer kita akan aman?" Menurut saya, belum tentu. Sebuah program Antivirus pasti memiliki kelebihan ataupun kekurangan. "Lalu apa yang seharusnya saya lakukan agar komputer saya terhindar dari serangan virus selain menginstall program Antivirus?" Sobat hanya perlu mencermati jenis-jenis virus, bagaimana dia bekerja, berkembang biak dan darimana virus tersebut berasal. Aplikasi Kita merangkum beberapa tips penting tentang bagaimana cara mengatasi virus dengan baik.
  1. Install Antivirus. Ini jelas diperlukan karena tanpa Antivirus tentu komputer tidak akan aman dari serangan virus. Sobat bisa menggunakan Antivirus yang memang sudah teruji kemampuannya oleh av-comparatives.org contohnya Kaspersky, AVG, ESETBitdefenderAvast dan Avira
    Kumpulan Antivirus Terbaik
  2. Install Antimalware. Antimalware berguna untuk membackup Antivirus saat Antivirus tidak bisa mendeteksi malware. Malware biasanya datang dari internet atau jaringan. Saat ini Antimalware yang terkenal adalah Malwarebytes Antimalware. Tetapi sobat juga bisa mencoba Comodo Antimalware.
    Malwarebytes Antimalware
  3. Install add on atau ekstensi security di browser. Biasanya jika sobat menginstall Antivirus, add on atau ekstensi security dari Antivirus tersebut terinstall otomatis di browser sobat. Jika tidak, silahkan download ekstensi Dr. Web Antivirus Link CheckerAvast Online SecurityAvira Browser SafetyAVG Do Not TrackBitdefender Quick Scan dan Ad Block Plus untuk pengguna Chrome. Untuk pengguna Firefox bisa download add on Ad Block PlusWeb of TrustBitdefender Quick ScanMcAfee Security Scan Plus DetectionAVG Do Not TrackDr. Web Link Checker. Silahkan download sesuai Antivirus yang dipakai dan sesuai kebutuhan saja. Yang terpenting adalah 1 ekstensi atau add on dari Antivirus, Ad Block Plus dan Web of Trust. Itu saja saya rasa sudah cukup untuk mengamankan komputer sobat dari serangan virus dan malware yang berasal dari internet.
    Avast Browser Add On
  4. Menginstall software dengan pilihan "custom install". Ini penting karena saat ini banyak software free yang didalamnya ditanamkan installer toolbar dan software lain yang bisa saja merupakan virus atau malware, jadi sobat harus berhati-hati jika menginstall software gratis. Jangan pernah memilih basic install, bila terdapat menu custom install, lebih baik sobat memilih menu itu, lalu hapus centang software lain yang tidak penting untuk diinstall.
    Netscape Custom Install
  5. Cek link jika ingin download software atau hanya membukanya. Jika sobat tidak memiliki ekstensi atau add on Ad Block di browser, iklan akan ditampilkan setiap kali sobat mengunjungi website dan biasanya iklan tersebut berbentuk tulisan "DOWNLOAD", "KUNJUNGI", "KLIK DISINI". Jika link tersebut berasal dari iklan, kebanyakan link tersebut akan menipu sobat, bukannya mendownload file yang diinginkan, eh malah download file yang tidak jelas asal muasalnya. Maka dari itu harap dicek dulu link tersebut. Jika ingin cek link file yang ingin dibuka sebenarnya gampang, sobat hanya tinggal melihat linknya dibagian bawah browser saat sobat mengarahkan cursor mouse ke link yang ingin sobat buka.
    Link Tab Chrome
  6. Jangan pernah menginstall "download manager" dari website penyedia upload dan download file. Website penyedia upload dan download sangat banyak diinternet dan banyak juga orang yang mengupload filenya untuk dibagikan kepada orang lain di dalam website tersebut. Tapi sobat harus hati-hati bila website tersebut mempunyai download manager. Jangan pernah menginstallnya karena kita tidak tahu itu berbahaya atau tidak. Selalu gunakan "direct link" bila tersedia. Jika tidak tersedia, sobat cari saja link download yang lain.
    Solidfiles Direct Link
  7. Selalu jadwalkan full scan rutin di komputer sobat. Antivirus saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur "schedule scanning". Jadi sobat tidak perlu repot jika sobat lupa scan komputer karena Antivirus akan melakukan scanning otomatis mengikuti jadwal yang telah sobat tentukan. Usahakan untuk menjadwalkannya satu minggu sekali.
    Antivirus Scanning Schedule
Demikian artikel tentang "Apa itu Virus, Jenis Virus dan Cara Mengatasinya". Yang terpenting adalah selalu menjaga dan merawat komputer kita dengan baik seperti anak sendiri. Jangan sampai kita lalai karena itu akan merugikan kita sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk sobat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar bila sobat merasa bingung dan merasa ada yang ingin ditanyakan.

2 komentar