Sabtu, 04 Januari 2014

WinToFlash - Cara Mudah Install Windows Lewat USB


Mau install Windows dengan menggunakan Flashdisc? Gampang, dengan software portable ini, kita bisa dengan mudah menginstall windows tanpa harus. Biasanya kita mungkin malas untuk burning Windows ke kaset DVDRW, kalau ada Flashdisc dengan kapasitas minimal 4GB, kenapa tidak dimanfaatkan saja. Apalagi menginstall Windows dengan menggunakan Flashdisc lebih stabil bila dibandingkan dengan menggunakan kaset DVDRW. Mengapa? menurut saya bila kaset DVDRW berkualitas baik mungkin ya stabil. Tetapi bila kaset DVDRW kualitas buruk, bisa saja terjadi optik DVDRW laptop/komputer kita tidak bisa membaca kaset DVDRW saat proses installasi Windows. Jadi kesimpulannya saya anjurkan metode ini untuk installasi Windows.

Alat tempur yang dibutuhkan :


  1. File ISO, RAR, atau ZIP dari Windows ( bila Windows masih belum diarsip, silahkan diarsip dahulu ke format yang saya sebutkan, bisa dengan menggunakan WinRAR software )
  2. Software WinToFlash 0.8.0000 Portable bisa diunduh DISINI
  3. USB Flashdisc minimal 4GB (Ini untuk Windows 7, kalian tinggal menyesuaikan ukuran file Windows saja)
Tutorial :

  1. Colokkan flashdisc lalu format flashdisc ke "NTFS" caranya klik kanan di flasdisc lalu pilih "Format" (jangan lupa data di backup dulu)
  2. Buka software WinToFlash dari hasil download diatas. Bila belum diekstrak, diekstrak dulu. Setelah itu buka file "WinToFlash.exe"
  3. Pilih "Advanced mode" lalu "Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to usb drive" setelah itu "Create" 
  4. Di Tab "Basic parameters" silahkan pilih select pada menu "Windows setup files path" dan cari file Windows yang berformat .RAR , ZIP, atau ISO
  5. Pada menu "USB Drive" pilih USB Drive mana yang akan ditransfer file Windows. Bila sudah terbaca flashdiscnya tidak usah diapa-apain lagi. Setelah itu "Run" 
  6. Tunggu proses transfer file Windows ke Flasdisc selesai 
  7. Jika proses transfer sudah selesai silahkan tutup software WinToFlash dan Flashdisc siap untuk digunakan.


2 komentar